Jumat, 01 Juni 2012

Makalah Perencanaan Usaha

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG

Dijaman krisis seperti sekarang ini masyarakat membutuhkan makanan yang sehat, enak, menarik serta harga yang terjangkau. Tetapi banyak pula masyarakat sekarang yang tergiur dengan harganya yang murah tetapi kandungan gizi dari makanan tersebut tidak diperhatikan lagi. Sampai – sampai saat ini banyak ditemukan kandungan bahan – bahan kimia berbahaya dalam makanan tersebut, seperti boraks dan melamine, serta bahan pewarna buatan untuk tekstil yang dijadikan sebagai pewarna makanan tersebut, supaya lebih menarik. Sehingga masyarakat sekarang ini harus berhati – hati dalam memilih berbagai macam makanan yang baik untuk kesehatan.
Dalam pemasaran sekarang ini banyak kita jumpai makanan dalam berbagai bentuk dan macam – macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampah yang mahal. Dalam kebutuhan sehari – hari banyak sekali aktifitas yang ada dan juga pasti perlu memilih makan yang sehat dan bermanfaat buat tubuh.
Sekarang ini banyak macam jenis – jenis makanan sudah ada di pasaran, tetapi dengan usaha makan dari produk kami , yaitu “ Jamur Crispy “ masyarakat akan merasa puas dengan makanan yang terlihat begitu sederhana serta bisa dikonsumsi oleh setiap masyarakat, makanan ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana dan sangat higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau, serta rasanya yang enak, nikmat dan lezat. Mengingat Jamur Tiram sebagai bahan dasarnya sangat mudah didapat dan terdapat  sumber gizi dan sumber energi yang tinggi untuk kebutuhan tubuh kita.

1.2  RUMUSAN MASALAH

            Menentukan usaha makanan yang enak, bergizi, serta harga yang terjangkau sehingga dapat memberi manfaat yang terbaik bagi semua kalangan masyarakat. Dan bagaimankah analisis kegiatan usahanya dan uji kelayakan usaha tersebut.



1.3  TUJUAN

            Tujuan kami memilih jenis usaha ini, pertama untuk mencari keuntungan/ laba dari usaha ini, kedua untuk menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sehat dan penuh kreasi anekarasa, ketiga untuk mencapai target market dari usaha ini. Selain menjelaskan diatas usaha kami juga bertujuan agar dapat menjadi usaha yang tepat guna, serta kami berharap usaha ini dapat memberikan pekerjaan bagi orang – orang di sekitar tempat usaha kami ini, sehingga pengangguran akan semakin berkurang.
























BAB II
PEMBAHASAN

2.1  PELUANG USAHA

Peluang usaha adalah kesempatan dan waktu yang tepat untuk dimanfaatkan bagi wirausahawan untuk membuka lapangan usaha baru, tetapi hanya seorang wirausahawan yang bersifat kreatif serta berani mengambil resiko itulah wirausahawan yang akan mencapai titik keberhasilan. Peluang uasah yang baru, biasa didapat dan dipilih sangat bergantung pada beberapa hal yaitu minat, modal dan relasi.
Dengan melihat, mengamati dan mengidentifikasi peluang usaha yang ada di Tulungagung, kami yakin bahwa produk “ Jamur Crispy “ dapat diterima dengan baik dipasaran, selain hal – hal diatas ada juga hal penting dalam rangka memanfaatkan peluang usaha yaitu informasi, dengan adanya informasi peluang usaha dapat diperoleh dari beberapa sumber – sumber antara lain : informasi mengenai konsumen, permintaan, penawaran , persaingan, serta pengembangan produk.
Dari pendapat para konsumen kami, kamipun melihat adanya target market yang sangat bagus, sehingga kami bermaksud memproduksi Jamur Crispy di Tulungagung semoga dengan adanya usaha kami masyarakat dari berabagai kalangan yang ada di Tulungagung dapat menerima produk kami ini karena keunggulan dari produk ini yaitu merupakan produk makanan baru yang belum dapat dijumpai di Tulungagung dan mempunyai rasa yang enak.

2.2  ANALISIS SWOT

Untuk dapat merumuskan misi yang tepat dan mengetahui positioning produk di pasaran kami terlebih  dahulu melakukan analisis swot. Analisis swot merupakan tolak ukur dari usaha kami, apakah usaha kami diterima atau ditolak di pasaran. Melalui analisis ini kami dapat mengetahui tentang kekuatan ( strenghh ), kelemahan (weaknes ). Peluang  ( opportunity ) dan ancaman ( thread ) dalam usaha kami, berikut merupakan analisis swot usaha kami.




Ø KEKUATAN ( STRENGHT )
Kekuatan adalah hal –hal yang bersifat positif yang mempengaruhi usaha kami. Kekuatan yang kami miliki antara lain kami menjual produk untuk semua kalangan masyarakat, serta produk kami terjamin bersih dan higienis, jadi baik untuk kesehatan.

Ø  KELEMAHAN ( WEAKNES )
Kelemahan adalah hal – hal yang bersifat negatife yang mempengaruhi usaha kami. Kelemahan produk kami yaitu produk tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Ø   PELUANG ( OPPORTUNITY )
Peluang atau kesempatan merupakan hal – hal yang ada di masyarakat sekitar kita yang mempunyai pengaruh positif terhadap usaha, peluang kami yaitu memberikan inovasi makanan baru di Tulungagung sehingga masyarakat dapat merasakan olahan lain dari jamur selain disayur dan memiliki rasa yang enak dan gurih.

Ø  ANCAMAN ( THREAD )
Ancaman merupakan hal – hal yang mempunyai pengaruh negatif terhadap usaha kami. Ancaman kami yaitu mungkin akan banyak bermunculan produk – produk serupa dimasa yang akan datang.

2.3  STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran merupakan strategi yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang memuaskan.
Strategi pemasaran yang baik dan benar harus didasarkan pada faktor ( keadaan ) data dan asumsi yang benar tentang beberapa hal antara lain :





1.      TARGET MARKET
Produk dari kami ini ditujukan untuk semua kalangan dan lapisan masyarakat sebagai makanan cemilan, karena harga yang terjangkau serta relatif murah terutama bagi keluarga yang sedang berakhir pekan. Produk kami sangatlah cocok, serta bagi anak– anak muda yang sedang menikmati akhir pekannya, karena produk kami mudah didapatkan.

2.      TEKNIK PRODUKSI
Kami memproduksi produk ini setiap hari, sedangkan pada hari sabtu dan minggu atau hari libur lainnya kami meningkatkan produksi kami karena pada hari – hari  itu permintaan pada produk kami meningkat. Selain itu pada hari – hari  libur banyak keluarga yang sedang berekreasi ke tempat – tempat wisata Tulungagung sehingga kemungkinan besar jumlah permintaan pada produksi juga akan meningkat.

3.      TEKNIK DISTRIBUSI
Untuk teknik ini kami menyediakan layanan call delivery sehingga para pembeli akan semakin di manjakan dengan layanan ini, kami juga yang akan mengantar pesanan untuk pesanan yang banyak, contohnya untuk pesta perkawinan dll, kami sudah menyediakan sedikitnya 2 mobil untuk menjangkau konsumen – konsumen kami.

4.      KEADAAN SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )
Pelanggan adalah raja, pegawai juga raja, para raja selalu saling menghormati, jadi pimpinan perusahaan harus menghormati para pegawainya, karena jika tidak mana mungkin para pegawai dapat menghormati para pelanggan yang sering berhubungan dengannya. Dari pegawai yang tertekan sangat sulit diharapkan munculnya senyum yang tulus untuk pelanggan. Karena itu kami menanamkan pada pegawai kami untuk bersikap ramah tamah serta sopan dan berpenampilan menarik sehingga para pelanggan atau konsumen merasa puas.







2.4  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Rencana usaha
A.    Jenis usaha                                                      : “ Jamur Crispy “
B.     Rencana Lokasi                                               : Dsn. Bangak Ds. Pelem
  Kec.Campurdarat, Tulungagung
C.     Sarana atau fasilitas yang direncanakan
1.      Luas tanah yang digunakan                      : 20 m x 20 m
-  Penggoreng                -  Kompor
-  Panci                         -  Timbangan
-  Spatula                      -  Penyaring Minyak
-  Kantong Kertas        -  Kantong Plastik
 
Bangunan utama                                       : 17 m x 17 m
2.      Peralatan yang digunakan dan kapasitasnya :



3.     
-       Minyak goreng
-       Tepung Terigu
-       Bawang Merah, Putih
-       Garam
-       Penyedap rasa
 
Jenis bahan baku
a.       Jenis                                                    : - Jamur Tiram           
  - Telur           
  - Tepung beras     
  - Bumbu Perasa Jamur   
  - Merica Bubuk 
  - Air     
b.   Sifat bahan                                          : Padat dan Cair
c.   Asal pengambilan bahan                     : Dari Tulungagung dan sekitarnya
d.   Sistem pengangkutan                          : Dengan motor
e.   Cara penyimpanan                              : Disimpan di lemari pendingin
f.    Sistem pembuangan limbah                : Dibuatkan wadah kompos 
4.      Sumber air dan penggunaannya                : Dari air PDAM dan cadangan air
  Sumur.
5.      Sumber energi                                           : Api, air dan listrik
6.      Tenaga kerja yang digunakan                   : Dikerjakan sebanyak 2 orang
7.      Proses produksi yang digunakan              : Tradisional dan dibantu dengan
  Peralatan modern.

D.    Sumber – sumber dampak                               : Tidak ada karena sebagian besar
                                                                          Limbahnya sudah diproses seperti
                                                                          Dibuat pupuk kompos
E.     Cara pengolahan lingkungan
1.      Konstruksi                                                 : Dengan munculnya usaha
                                                                    Ini yang perlu diatasi
                                                                    Dengan membuat wadah
                                                                    Wadah kompos.       
2.      Pasca konstruksi                                        : usaha ini mampu mengendalikan                                                                          limbah dengan dibuat kompos                                                                                    sehingga menjadi sangat berman                                                                            faat masalah zat kimia tidak ada                                                                              sama sekali.













BAB III
STUDY KELAYAKAN USAHA

Study kelayakan usaha ( SKU ) atau feasibility
3.1  ASPEK DASAR DAN PEMASARAN

Kelayakan usaha kami dilihat dari aspek pasar dan pemasaran  di tujukan oleh adanya peluang pasar yang kami raih, dapat dilihat dari promosi – promosi yang kami ikuti selalu ditanggapi dengan sikap positif dari beberapa konsumen kami, dari promosi tersebut sudah dapat dilihat antusias yang positif dari konsumen. Permintaan pada produk kami lama kelmaan juga semakin meningkat.
Walaupun demikian kami akan tetap berusaha untuk memberikan inovasi – inovasi baru dalam produk kami serta pelayanan yang memuaskan sehingga para konsumen akan puas terhadap produk – produk dari kami.

3.2  ASPEK PRODUKSI

1.      Fasilitas dan peralatan produksi masih sangat mendukung usaha kami, karena alat yang kami gunakan sebagian besar masih baru, sehingga masih sangat layak untuk produksi, selain itu fasilitas produksi tempat usaha kami dijamin bersih dan steril serta sirkulasi udara yang sangat bagus.
2.      Pasokan bahan baku masih sangat tersedia, karena kami mengambilnya langsung dari petani – petani Jamur Tiram yang ada di Tulungagug dan sekitarnya serta tenaga yang handal di bidangnya.








3.3  ASPEK FINANSIAL

·         Kebutuhan dana
Kebutuhan dana yang perlu di investasikan :

Ø  Pembelian peralatan produksi
v  Penggorengan 2 unit                                          = Rp.       110.000,00
v  Kulkas                                                               = Rp.   3.000.000,00
v  Timbangan 5 Kg                                                = Rp.       250.000,00
v  Spatula dan Penyaring Minyak                         = Rp.         50.000,00
v  Toples Plastik                                                    = Rp.         20.000,00
v  Kantong Kertas, Kantong Plastik                     = Rp.         50.000,00
Ø  Pembelian bahan baku                                                   = Rp.       100.000,00
TOTAL                                                                          = Rp.    3.580.000,00
·         Sumber Dana
*      Modal sendiri                                                              = Rp.    3.580.000,00
TOTAL                                                                       =Rp. 3.580.000,00                 












                                   


PROYEKSI NERACA

“ Jamur Crispy “
NERACA PER 31 Mei  2012          
AKTIVA
HUTANG DAN MODAL
AKTIVA LANCAR
HUTANG DAN MODAL
Kas                              
Hutang Bank          
Persediaan bhn baku    Rp.     100.000,00
JML HL                 
Perlengkapan               Rp.     480.000,00

JUMLAH                    Rp.   1.580.000,00



AKTIVA TETAP
MODAL
Bangunan                    Rp.          -
Modal Sendiri       Rp.    3.580.000,00
Tanah                          Rp.           -
Jumlah modal       Rp.     3.580.000,00
Peralatan                     Rp.   3.000.000,00



                                   Rp.     3.000.000,00



TOTAL AKTIVA     Rp.      3.580.000,00
TOTAL H&M      Rp.      3.580.000,00












v  Rasio Keuntungan
Ø Liquiditas        = Aktiva lancar   X 100%
                                 Hutang lancar
                              = Rp. 1.580.000,00 X 100%
                                 Rp. 0
                              = 158%

Ø  Solabilitas        = Total Aktiva  X 100%
                                       Total hutang
                                    = Rp. 3.850.000,00 X 100%
                                       Rp.   0                      = Rp. 385 %

v  Proyeksi Laba Rugi
Ø  Biaya produksi untuk 50 unit adalah
§   Biaya bahan baku                              Rp. 100.000,00
§   Biaya tenaga kerja                             Rp.   60.000,00
§   Biaya lain-lain                                   Rp.   40.000,00
§   Total biaya                                        Rp. 200.000,00
Ø  Keuntungan yang di inginkan 50% dari total biaya, sehingga harga seluruhnya
§   Laba Rp. 200.000,00 X 50%                        = Rp. 100.000,00
§   Total biaya                                        = Rp. 200.000,00
                                                          = Rp. 300.000,00

Ø  Harga Jual per unit                                   = Rp. 300.000,00
                                                                             100
                                                                 = Rp. 3.000,00

Diperkirakan100 unit produk dapat terjual setiap hari maka pendapatan setiap hari kedai kami adalah Rp. 300.000,00

Ø  Proyeksi Aliran Kas
Aliran kas perusahaan untuk operasional perusahaan



3.4  ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Ø  Struktur kepemilikan usaha
Usaha itu merupakan milik perseorangan

Ø  Struktur Organisasi
Struktur organisasinya sederhana

Ø  Tim Manajemen

§   Untuk urusan perencanaan pengelolaan jenis usaha di pegang oleh direktur utama / pemilik usaha
§   Untuk urusan produksi di pegang oleh staf produksi
§   Untuk urusan pemasaran dipegang oleh staf pemasaran
§   Serta karyawan – karyawan












BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

        Dalam menganalisis kegiatan usaha kita perlu melihat adanya peluang usaha, analisis swot, dan juga harus mempunyai strategi pemasaran. Serta untuk analisis dampak usaha kita terhadap lingkungan perlu memperhatikan AMDAL.
        Dalam menyusun studi  kelayakan usaha memerlukan pengkajian kegiatan usaha mengenai beberapa aspek. Diantara aspek pasar ( market ) dan pemasaran, aspek produksi, aspek financial.
















DAFTAR PUSTAKA
Adrian J. Slywotzky dan Benson P. Shapiro, "Leveraging to Beat the Odds: The New Marketing Mind-Sets", Harvard Business Review, September-Oktober 1993, hal. 97-107.

 Buchari Alma. (2006) Kewirausahaan. Edisi kesepuluh. Bandung: Alfabeta

Geoffrey G. Meredith dkk. (1996) Kewirausahaan, Teori dan Praktek. Edisi kelima. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Justin G. Longenecker dkk.(2001) Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.

Organisasi Perburuhan Internasional. Petunjuk Bisnis.

Sumber: http://images.google.co.id/imglanding?q=service
motor&imgurl=http://foto.detik.com










1 komentar:

  1. Anapoker Penyediakan Layanan 7 Jenis games kartu Populer yang sangat terkenal di Indonesia

    Anapoker Situs Poker Terpercaya, menyediakan Deposit via Pulsa hanya dengan minimal 10rb saja lho

    Contact Anapoker untuk Daftar
    Whatsapp : 0852 2255 5128
    Line ID : agenS1288
    Telegram : agenS128

    Kunjungi Situs Games Online Uang Asli Terpercaya Lainnya :
    link alternatif sbobet

    sbobet alternatif

    login sbobet

    link sbobet

    sabung ayam online

    adu ayam

    casino online

    poker deposit pulsa

    deposit pulsa poker

    deposit pulsa

    deposit pulsa

    deposit pulsa

    BalasHapus