BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dijaman krisis
seperti sekarang ini masyarakat membutuhkan makanan yang sehat, enak, menarik
serta harga yang terjangkau. Tetapi banyak pula masyarakat sekarang yang
tergiur dengan harganya yang murah tetapi kandungan gizi dari makanan tersebut
tidak diperhatikan lagi. Sampai – sampai saat ini banyak ditemukan kandungan
bahan – bahan kimia berbahaya dalam makanan tersebut, seperti boraks dan
melamine, serta bahan pewarna buatan untuk tekstil yang dijadikan sebagai
pewarna makanan tersebut, supaya lebih menarik. Sehingga masyarakat sekarang
ini harus berhati – hati dalam memilih berbagai macam makanan yang baik untuk
kesehatan.
Dalam pemasaran
sekarang ini banyak kita jumpai makanan dalam berbagai bentuk dan macam – macam
aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah
sampah yang mahal. Dalam kebutuhan sehari – hari banyak sekali aktifitas yang
ada dan juga pasti perlu memilih makan yang sehat dan bermanfaat buat tubuh.
Sekarang ini
banyak macam jenis – jenis makanan sudah ada di pasaran, tetapi dengan usaha
makan dari produk kami , yaitu “ Jamur Crispy “ masyarakat akan merasa puas
dengan makanan yang terlihat begitu sederhana serta bisa dikonsumsi oleh setiap
masyarakat, makanan ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana dan sangat
higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau, serta rasanya yang enak,
nikmat dan lezat. Mengingat Jamur Tiram sebagai bahan dasarnya sangat mudah
didapat dan terdapat sumber gizi dan
sumber energi yang tinggi untuk kebutuhan tubuh kita.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Menentukan
usaha makanan yang enak, bergizi, serta harga yang terjangkau sehingga dapat
memberi manfaat yang terbaik bagi semua kalangan masyarakat. Dan bagaimankah
analisis kegiatan usahanya dan uji kelayakan usaha tersebut.
1.3 TUJUAN
Tujuan
kami memilih jenis usaha ini, pertama untuk mencari keuntungan/ laba dari usaha
ini, kedua untuk menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sehat dan
penuh kreasi anekarasa, ketiga untuk mencapai target market dari usaha ini.
Selain menjelaskan diatas usaha kami juga bertujuan agar dapat menjadi usaha
yang tepat guna, serta kami berharap usaha ini dapat memberikan pekerjaan bagi
orang – orang di sekitar tempat usaha kami ini, sehingga pengangguran akan
semakin berkurang.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PELUANG USAHA
Peluang usaha
adalah kesempatan dan waktu yang tepat untuk dimanfaatkan bagi wirausahawan
untuk membuka lapangan usaha baru, tetapi hanya seorang wirausahawan yang
bersifat kreatif serta berani mengambil resiko itulah wirausahawan yang akan
mencapai titik keberhasilan. Peluang uasah yang baru, biasa didapat dan dipilih
sangat bergantung pada beberapa hal yaitu minat, modal dan relasi.
Dengan melihat,
mengamati dan mengidentifikasi peluang usaha yang ada di Tulungagung, kami
yakin bahwa produk “ Jamur Crispy “ dapat diterima dengan baik dipasaran,
selain hal – hal diatas ada juga hal penting dalam rangka memanfaatkan peluang
usaha yaitu informasi, dengan adanya informasi peluang usaha dapat diperoleh
dari beberapa sumber – sumber antara lain : informasi mengenai konsumen,
permintaan, penawaran , persaingan, serta pengembangan produk.
Dari pendapat
para konsumen kami, kamipun melihat adanya target market yang sangat bagus,
sehingga kami bermaksud memproduksi Jamur Crispy di Tulungagung semoga dengan
adanya usaha kami masyarakat dari berabagai kalangan yang ada di Tulungagung
dapat menerima produk kami ini karena keunggulan dari produk ini yaitu merupakan
produk makanan baru yang belum dapat dijumpai di Tulungagung dan mempunyai rasa
yang enak.
2.2 ANALISIS SWOT
Untuk dapat
merumuskan misi yang tepat dan mengetahui positioning produk di pasaran kami
terlebih dahulu melakukan analisis swot.
Analisis swot merupakan tolak ukur dari usaha kami, apakah usaha kami diterima
atau ditolak di pasaran. Melalui analisis ini kami dapat mengetahui tentang
kekuatan ( strenghh ), kelemahan (weaknes ). Peluang ( opportunity ) dan ancaman ( thread ) dalam
usaha kami, berikut merupakan analisis swot usaha kami.
Ø KEKUATAN ( STRENGHT )
Kekuatan adalah hal –hal yang bersifat positif yang
mempengaruhi usaha kami. Kekuatan yang kami miliki antara lain kami menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat, serta produk kami terjamin bersih dan
higienis, jadi baik untuk kesehatan.
Ø KELEMAHAN ( WEAKNES )
Kelemahan adalah hal – hal yang bersifat negatife
yang mempengaruhi usaha kami. Kelemahan produk kami yaitu produk tidak tahan
lama karena tidak menggunakan bahan pengawet.
Ø PELUANG ( OPPORTUNITY )
Peluang atau kesempatan merupakan hal – hal yang ada
di masyarakat sekitar kita yang mempunyai pengaruh positif terhadap usaha,
peluang kami yaitu memberikan inovasi makanan baru di Tulungagung sehingga
masyarakat dapat merasakan olahan lain dari jamur selain disayur dan memiliki
rasa yang enak dan gurih.
Ø ANCAMAN ( THREAD )
Ancaman merupakan hal – hal yang mempunyai pengaruh
negatif terhadap usaha kami. Ancaman kami yaitu mungkin akan banyak bermunculan
produk – produk serupa dimasa yang akan datang.
2.3 STRATEGI PEMASARAN
Strategi
pemasaran merupakan strategi yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang memuaskan.
Strategi
pemasaran yang baik dan benar harus didasarkan pada faktor ( keadaan ) data dan
asumsi yang benar tentang beberapa hal antara lain :
1.
TARGET
MARKET
Produk dari kami
ini ditujukan untuk semua kalangan dan lapisan masyarakat sebagai makanan
cemilan, karena harga yang terjangkau serta relatif murah terutama bagi
keluarga yang sedang berakhir pekan. Produk kami sangatlah cocok, serta bagi
anak– anak muda yang sedang menikmati akhir pekannya, karena produk kami mudah
didapatkan.
2.
TEKNIK
PRODUKSI
Kami memproduksi
produk ini setiap hari, sedangkan pada hari sabtu dan minggu atau hari libur
lainnya kami meningkatkan produksi kami karena pada hari – hari itu permintaan pada produk kami meningkat.
Selain itu pada hari – hari libur banyak
keluarga yang sedang berekreasi ke tempat – tempat wisata Tulungagung sehingga
kemungkinan besar jumlah permintaan pada produksi juga akan meningkat.
3.
TEKNIK
DISTRIBUSI
Untuk teknik ini
kami menyediakan layanan call delivery sehingga para pembeli akan semakin di
manjakan dengan layanan ini, kami juga yang akan mengantar pesanan untuk
pesanan yang banyak, contohnya untuk pesta perkawinan dll, kami sudah
menyediakan sedikitnya 2 mobil untuk menjangkau konsumen – konsumen kami.
4.
KEADAAN
SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )
Pelanggan adalah
raja, pegawai juga raja, para raja selalu saling menghormati, jadi pimpinan
perusahaan harus menghormati para pegawainya, karena jika tidak mana mungkin
para pegawai dapat menghormati para pelanggan yang sering berhubungan
dengannya. Dari pegawai yang tertekan sangat sulit diharapkan munculnya senyum
yang tulus untuk pelanggan. Karena itu kami menanamkan pada pegawai kami untuk
bersikap ramah tamah serta sopan dan berpenampilan menarik sehingga para
pelanggan atau konsumen merasa puas.
2.4 Analisis Mengenai
Dampak Lingkungan (AMDAL)
Rencana usaha
A. Jenis
usaha :
“ Jamur Crispy “
B. Rencana
Lokasi :
Dsn. Bangak Ds. Pelem
Kec.Campurdarat, Tulungagung
C. Sarana
atau fasilitas yang direncanakan
1. Luas
tanah yang digunakan :
20 m x 20 m
|
2. Peralatan
yang digunakan dan kapasitasnya :
3.
|
a. Jenis :
- Jamur Tiram
- Telur
- Tepung beras
- Bumbu Perasa Jamur
- Merica Bubuk
- Air
b. Sifat
bahan :
Padat dan Cair
c. Asal
pengambilan bahan :
Dari Tulungagung dan sekitarnya
d. Sistem
pengangkutan :
Dengan motor
e. Cara
penyimpanan :
Disimpan di lemari pendingin
f. Sistem
pembuangan limbah :
Dibuatkan wadah kompos
4. Sumber
air dan penggunaannya :
Dari air PDAM dan cadangan air
Sumur.
5. Sumber
energi :
Api, air dan listrik
6. Tenaga
kerja yang digunakan :
Dikerjakan sebanyak 2 orang
7. Proses
produksi yang digunakan :
Tradisional dan dibantu dengan
Peralatan modern.
D. Sumber
– sumber dampak :
Tidak ada karena sebagian besar
Limbahnya sudah diproses seperti
Dibuat pupuk kompos
E. Cara
pengolahan lingkungan
1.
Konstruksi : Dengan munculnya
usaha
Ini yang perlu diatasi
Dengan membuat wadah
Wadah kompos.
2.
Pasca konstruksi : usaha ini mampu
mengendalikan limbah dengan dibuat kompos sehingga menjadi sangat berman faat masalah zat kimia tidak ada sama sekali.
BAB III
STUDY KELAYAKAN
USAHA
Study
kelayakan usaha ( SKU ) atau feasibility
3.1 ASPEK DASAR DAN PEMASARAN
Kelayakan
usaha kami dilihat dari aspek pasar dan pemasaran di tujukan oleh adanya peluang pasar yang
kami raih, dapat dilihat dari promosi – promosi yang kami ikuti selalu
ditanggapi dengan sikap positif dari beberapa konsumen kami, dari promosi
tersebut sudah dapat dilihat antusias yang positif dari konsumen. Permintaan
pada produk kami lama kelmaan juga semakin meningkat.
Walaupun
demikian kami akan tetap berusaha untuk memberikan inovasi – inovasi baru dalam
produk kami serta pelayanan yang memuaskan sehingga para konsumen akan puas
terhadap produk – produk dari kami.
3.2 ASPEK PRODUKSI
1.
Fasilitas dan peralatan produksi masih
sangat mendukung usaha kami, karena alat yang kami gunakan sebagian besar masih
baru, sehingga masih sangat layak untuk produksi, selain itu fasilitas produksi
tempat usaha kami dijamin bersih dan steril serta sirkulasi udara yang sangat
bagus.
2.
Pasokan bahan baku masih sangat
tersedia, karena kami mengambilnya langsung dari petani – petani Jamur Tiram
yang ada di Tulungagug dan sekitarnya serta tenaga yang handal di bidangnya.
3.3 ASPEK FINANSIAL
·
Kebutuhan dana
Kebutuhan dana
yang perlu di investasikan :
Ø
Pembelian peralatan produksi
v
Penggorengan 2 unit = Rp. 110.000,00
v
Kulkas =
Rp. 3.000.000,00
v
Timbangan 5 Kg = Rp. 250.000,00
v
Spatula dan Penyaring Minyak =
Rp. 50.000,00
v
Toples Plastik = Rp. 20.000,00
v
Kantong Kertas, Kantong Plastik = Rp.
50.000,00
Ø
Pembelian bahan baku =
Rp. 100.000,00
TOTAL =
Rp. 3.580.000,00
·
Sumber Dana
Modal sendiri =
Rp. 3.580.000,00
TOTAL =Rp.
3.580.000,00
PROYEKSI
NERACA
“ Jamur Crispy “
NERACA
PER 31 Mei 2012
|
|
AKTIVA
|
HUTANG
DAN MODAL
|
AKTIVA LANCAR
|
HUTANG DAN MODAL
|
Kas
|
Hutang Bank
|
Persediaan bhn baku
Rp. 100.000,00
|
JML HL
|
Perlengkapan Rp. 480.000,00
|
|
JUMLAH Rp. 1.580.000,00
|
|
|
|
AKTIVA TETAP
|
MODAL
|
Bangunan Rp. -
|
Modal Sendiri
Rp. 3.580.000,00
|
Tanah Rp. -
|
Jumlah modal
Rp. 3.580.000,00
|
Peralatan Rp. 3.000.000,00
|
|
|
|
Rp. 3.000.000,00
|
|
|
|
TOTAL AKTIVA
Rp. 3.580.000,00
|
TOTAL H&M
Rp. 3.580.000,00
|
v Rasio Keuntungan
Ø Liquiditas = Aktiva lancar X 100%
Hutang lancar
= Rp. 1.580.000,00 X 100%
Rp. 0
= 158%
Ø Solabilitas = Total Aktiva X 100%
Total
hutang
=
Rp. 3.850.000,00 X 100%
Rp.
0 = Rp. 385 %
v Proyeksi
Laba Rugi
Ø
Biaya produksi untuk 50 unit adalah
§
Biaya bahan baku Rp. 100.000,00
§
Biaya tenaga kerja Rp. 60.000,00
§
Biaya lain-lain Rp. 40.000,00
§
Total biaya Rp. 200.000,00
Ø
Keuntungan yang di inginkan 50% dari
total biaya, sehingga harga seluruhnya
§
Laba Rp. 200.000,00 X 50% = Rp. 100.000,00
§
Total biaya = Rp. 200.000,00
= Rp. 300.000,00
Ø
Harga
Jual per unit =
Rp. 300.000,00
100
=
Rp. 3.000,00
Diperkirakan100 unit
produk dapat terjual setiap hari maka pendapatan setiap hari kedai kami adalah
Rp. 300.000,00
Ø
Proyeksi Aliran Kas
Aliran kas perusahaan
untuk operasional perusahaan
3.4 ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Ø
Struktur kepemilikan usaha
Usaha itu merupakan
milik perseorangan
Ø
Struktur Organisasi
Struktur organisasinya
sederhana
Ø
Tim Manajemen
§
Untuk urusan perencanaan pengelolaan
jenis usaha di pegang oleh direktur utama / pemilik usaha
§
Untuk urusan produksi di pegang oleh
staf produksi
§
Untuk urusan pemasaran dipegang oleh
staf pemasaran
§ Serta
karyawan – karyawan
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam menganalisis kegiatan usaha kita
perlu melihat adanya peluang usaha, analisis swot, dan juga harus mempunyai
strategi pemasaran. Serta untuk analisis dampak usaha kita terhadap lingkungan
perlu memperhatikan AMDAL.
Dalam menyusun studi kelayakan usaha memerlukan pengkajian
kegiatan usaha mengenai beberapa aspek. Diantara aspek pasar ( market ) dan
pemasaran, aspek produksi, aspek financial.
DAFTAR PUSTAKA
Adrian J. Slywotzky dan Benson P. Shapiro, "Leveraging to
Beat the Odds: The New Marketing Mind-Sets", Harvard Business Review,
September-Oktober 1993, hal. 97-107.
Buchari Alma. (2006)
Kewirausahaan. Edisi kesepuluh. Bandung: Alfabeta
Geoffrey G. Meredith dkk. (1996) Kewirausahaan, Teori dan Praktek.
Edisi kelima. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Justin G. Longenecker dkk.(2001) Kewirausahaan Manajemen Usaha
Kecil. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Organisasi Perburuhan Internasional. Petunjuk Bisnis.
Sumber: http://images.google.co.id/imglanding?q=service
motor&imgurl=http://foto.detik.com
Anapoker Penyediakan Layanan 7 Jenis games kartu Populer yang sangat terkenal di Indonesia
BalasHapusAnapoker Situs Poker Terpercaya, menyediakan Deposit via Pulsa hanya dengan minimal 10rb saja lho
Contact Anapoker untuk Daftar
Whatsapp : 0852 2255 5128
Line ID : agenS1288
Telegram : agenS128
Kunjungi Situs Games Online Uang Asli Terpercaya Lainnya :
link alternatif sbobet
sbobet alternatif
login sbobet
link sbobet
sabung ayam online
adu ayam
casino online
poker deposit pulsa
deposit pulsa poker
deposit pulsa
deposit pulsa
deposit pulsa