BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak orang yang tahu memainkan komputer termasuk orang dewasa ataupun orang yang masih kecil namun pengunaannya masih kurang efisien,karena hanya memanfaatkan keunggulan komputer tersebut sebagai media untuk permainan dan belum mengetahui dampak-dampak apakah yang nanti akan terjadinya.
Ini yang membuat banyak kerusakan pada kalangan kalangan muda yang nanti akan memimpin bangsa Indonesia nantinya, Oleh karena itu saya mengambil topik ini tentang pengaruhnya terhadap para pelajar.
1.2 Pembatasan
Masalah
Internet adalah salah satu jenis media elektronik yang sangat popular dimasa kini dan banyak digunakan oleh kalangan-kalangan remaja. Internet punya banyak fungsi bagus, tapi pelajar kebanyakan salah untuk menggunakkannya.
Dalam Karya tulis ini saya kan membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaan interet bagi pelajar maupun seluruh masyarakat.
1.3 Perumusan Masalah
1. Seberapakah pentingkah internet dalam
kehidupan kita sehari-hari?
2. Apa sajakah dampak positif dan
dampak negatif yang ada dalam internet?
3. Apakah Internet bisa merusak
kehidupan pengguna komputer?
1.4 Tujuan
Penulisan
1. Mengetahui peran yang penting dalam
Internet
2. Mengetahui cara pemakaian dalam
Internet
3. Mengetahui dampak pengunaan Internet
1.5 Metode Penulisan
Metode penulisan yang saya gunakan adalah melakukan penelitian-penelitian di berbagai warnet yang ada di Tulungagung dan menanyakan sedikit informasi kepada para penguna/pecandu internet.
1.6 Manfaat
1. Bisa mengetahui pengunaan yang baik
dan tepat
2. Menambah wawasan tentang Internet
3. Bisa membuat kita bagun/sadar dalam mengunakan
Internet
BAB II
LANDASAN TEORI
Internet (kependekan dari interconnected-networking)
ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung
menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/I P) untuk melayani miliaran
pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung
secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan
Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan
internetworking.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization) /pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Internet dijaga oleh perjanjian
bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan
tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk
berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum.
Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari
RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur
Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang
sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa
layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik,
Usenet,
Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi
(Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik
dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun
berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini
(Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di
seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi
secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger,
MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter, dan
lain sebagainya.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Tulungagung yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1
Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang saya pakai adalah penelitian korelatif . Yang artinya adalah menghubungkan hasil-hasil penelitian yang ada. Data yang saya peroleh adalah dari orang pecandu internet yang sering ke warnet dan menggabungkan menjadi kesimpulan dalam Bab Pembahasan dan dijelaskannya pun tentang positif dan negatif yang akan dijelaskan di Bab IV pembahasan.
3.2 Teknik Pengumpulan Data
Saya mengumpulkan beberapa tanya jawab dari beberapa orang yang saya kenal dan data itu saya masukkan dalam pembahasan di Bab IV. Data diperoleh dari buku dan internet.
BABIV
PEMBAHASAN
Internet
mempunyai dampak positif dan negatifyaitu :
4.1 DampakPositif
1. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau
data,per kembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasiyang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang
ada diinternet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untukbidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalambidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke
tempatpenawaran/penjualan.
4.2 Dampak Negatif
1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan
kemampuanpenyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen 'browser' melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan
juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak
terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat
'menjual' situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-halyang bersifat
tabu.
3. Penipuan Hal ini memang merajalela
dibidang manapun. Internet pun tidak luput! dari serangan penipu. Cara yang
terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang
Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang
'realtime' (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara
yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun
paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka,
parapenjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu
Kredit)on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
merekamenggunakan! data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya
perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlupergi ke
tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs
seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak
persetujuan dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat sosial manusia
karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet dari pada bertemu secara
langsung (face to face).
7. Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti menipu dan mencuri
dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
9. Bisa membuat seseorang
kecanduan,terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang
karena hanyauntuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada
pemakainyabagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun
semestinya harusada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang
teguh walaupunbersentuhan dengan internet atau di! dalam dunia maya.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari semua pembahasanyang ada,dapat disimpulkan :
1)
Baik
buruknya suatukegiatan bergantung pada pelaku yang menggunak! annya.
2)
Mengunakan
internetharus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja agar kesehatan
dapat terjaga.
3)
Internet
adalah saranabelajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan teratur akan
menjadi polabelajar yang sangat baik sekali.
5.2 Saran
Saya ingin
memberi sarandalam penutup ini kepada pembaca :
1.
Jangan
terlalu kecanduanbermain Internet termasuk game online/browsing dan
lainnya,bermain hanyasekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan pokok
seperti makanan.
2.
Bermain
internet posisimata ke komputer jangan terlalu dekat nanti mata bisa rusak.
3.
Jangan
terlalu banyakmain , waktunya lebih baik bila digunakan untuk belajar agar
lebih bermanfaat.
DAFTAR
PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari internet/
http://! yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/
http://wikipedia.id
http://wiewiesmkti.blogspot.com/2007/07/protokol.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar