I.
IDENTIFIKASI USAHA
A. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Itik dikenal juga dengan istilah
bebek dalam bahasa jawa. Nenek moyangnnya berasal dari amerika utara merupakan itik liar (anas mascha) atau mild
malard terus menerus di jinakkan oleh manusia hingga jadilah itik dan di
pelihara sekarang yang disebut aras demesticus (ternak itik). Jenis bibit
unggul yang diternakan khususnya di Indonesia ialah jenis itik petelur seperti itik tegal, itik mojosari, itik bali, itik cu 2000-ina. Itik yang akan kami pelihara atau budidayakan
adalah secara intensif atau yang lebih dikenal dengan pemeliharaan di lahan
kering atau dikandangkan yang akan memberi keuntungan diantara itik tidak lagi
di gembalakan di sawah untuk mencari makan sendiri. pakan dan minum di
sediakan di dalam kandang air untuk berenang itik di sediakan sehingga itik
hanya memanfaatkan energi untuk memproduksi telur.
B. TUJUAN
Tujuan dari
pembuatan proposal budidaya itik petelur ini antara lain adalah :
a.
Mengajukan
permohonan bantuan modal usaha ini adalah untuk membeli peralatan
atau perlengkapan pemeliharaan itik, mengingat kompetisi usaha beternak itik petelur ini semakin pesat.
atau perlengkapan pemeliharaan itik, mengingat kompetisi usaha beternak itik petelur ini semakin pesat.
b.
Menjadikan usaha beternak itik petelur menjadi usaha
yang menguntungkan dan dapat memenuhi kebutuhan sehari hari.
c.
Membuat usaha beternak itik petelur ini berbeda dengan
pengusaha lain.
d.
Ingin menjadikan usaha ini menjadi ternak yang di
kenal oleh masyarakat.
e.
Mengetahui apakah usaha peternakan itik petelur
memiliki peluang usaha yang berkelanjutan
C. JENIS USAHA YANG DI RENCANAKAN
Usaha yang saya jalankan rencananya adalah usaha
beternak itik petelur,dan dari usaha yang saya rencanakan akan menghasilkan produk
telur
D. JENIS USAHA YANG DIKELOLA
Jenis usaha yang akan saya kelola atau saya jalankan adalah usah beternak itik
petelur atau orang jawa menyebut bebek.
E. IDENTITAS PEMILIK USAHA
Nama : ROSMAIDAH
Tempat Tgl Lahir :Tulungagung, 30 Juli 1996
Alamat : Ds. Tanggung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung
Nama : ROSMAIDAH
Tempat Tgl Lahir :Tulungagung, 30 Juli 1996
Alamat : Ds. Tanggung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung
F. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DALAM USAHA TERNAK ITIK
Secara umum keuntungan beternak bebek adalah:
a.
Kotorannya bisa
sebagai pupuk tanaman pangan/palawija.
b.
Lebih tahan
penyakit di bandingkan dengan peternakan ayam
c.
Untuk bebek
petelur, hasil ternak lebih mudah diserap pasar di bandingkan dengan telur ayam
kampung.
d.
dan jumlah
telur yang di hasilkan pada usia produktif juga tinggi daripada ayam kampung.
Kelemahan beternak bebek:
a. Konsumsi pakan dan air minum lebih banyak di bandingkan dengan konsumsi
pakan dan air minum pada ayam kampung
b. Sensitif terhadap pakan dengan kualitas yang kurang baik, pakan
jamuran,memakan bangkai dll.
c. Mudah terkejut dan mudah stress.
II.
PASAR DAN
PEMASARAN
A.
GAMBARAN INDUSTRI DAN LINGKUNGAN USAHA
Telur itik merupakan komoditi ekspor yang dapat memberikan keuntungan
besar, kebutuhan akan telur pasar tradisional sangat besar
dan masih seimbang dari ketersediaan yang ada, hingga saat ini budidaya itik masih merupakan komoditi yang
menjanjikan untuk di kembangkan secara intensif.
B.
KONDISI PASAR
1.
pasar sasaran
Sebagai awal saya akan menjajaki
pasar tradisional atau konsumen rumah tangga yang tinggal di lokasi budidaya. Jika produksi sudah berjalan kami akan menjajaki untuk memasarkan telur ke
pasar swalayan atau supermarket.
2.
Peluang Pasar
Kebutuhan telur di pasar tradisional sangat besar dan masih seimbang dari
persediaan yang ada itu salah satu peluang pemasaran telur dari hasil budidaya
itik petelur yang saya jalankan.
C. ESTIMASI PASAR
Mungkin produk yang sudah saya hasilkan sudah ada di pasaran, tetapi saya akan merencanakan budidaya ternak itik petelur, mungkin budidaya yang kami rencanakan akan berjalan, karena peluangnya cukup besar dan di simpang pematang dan sekitarnya
mungkin belum ada yang budidaya ternak itik, oleh karena itu saya akan
merencanakan budidaya ternak itik petelur.
D.RENCANA PEMASARAN
1.
Penetapan Harga
Produk
Rencana harga yang akan kami tawarkan mengacu pada penghasilan rata rata
masyarakat.tujuannya agar harga yang akan kami tawarkan tidak terlalu
membebankan masyarakat untuk membeli telur dari usaha kami,oleh karena itu
rencana harga yang kami tawarkan Rp 1000 / telur lebih murah dari harga telur
itik di pasaran.
2.
Strategi
Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah yang dilakukan
memperlancar pemasaran dan memuaskan konsumen, strategi pemasaran ada 4 yaitu:
a.
Strategi produk
Dalam hal ini
produk dapat berupa telur sejarah utama untuk memenuhi kepuasan konsumen adalah melihat mutu dan manfaat produk.
b.
Harga
Harga yang di
tetapkan stabil dan bersaing dengan produsen petelur lainnya, harga terlalu
tinggi akan mengurungkan niat pembeli, sebaliknya harga yang terlalu rendah di khawatirkan tidak dapat memenuhi
biaya produksi. Pemberian diskon
setiap pembelian dalam jumlah tertentu juga dapat
menarik pembeli.
c.
Tempat
Tidak kalah pentingnya dengan kualifikasi
produk dan harga. Tempat dan pasar
juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran . penentuan pasar harus didasarkan dengan kemudahan produk telur oleh
konsumen.
d.
Promosi
Salah satu cara
promosi yang paling banyak dilakukan adalah dengan memasang iklan, selain memasang iklan promosi juga dapat di lakukan dengan secara langsung
dari mulut ke mulut.
III.
ASPEK PRODUKSI
A.
ANALISIS LOKASI USAHA
Usaha
pemeliharaan itik secara intensif ( dikandangkan) umumnya dilakukan dimana
saja,namun lokasi yang ideal untuk budiaya itik untuk pemeliharaan adalah jauh
dari suara bising, mudah transportasi, dan mudah mendapatkan air besih.
Dalam
pemeliharaan itik perlu sarana dan prasarana agar itik mampu berproduksi
tinggi, mudah pengontrolannya dan mudah kontrol kesehatan. Dan untuk lokasi usaha yang saya
pilih adalah di tempat saya sendiri karena agar memudahkan dalam pengawasan dan
perawatannya.
B.
FASILITAS DAN PERALATAN PRODUKSI
Kandang
1.
Kandang harus di buat senyaman mungkin dan bentuk atap
yang mampu menahan terpaan hujan
dan terik matahari.
2.
Bentuk atap yang mampu menahan terpaan hujan dan terik
matahari.
3.
Bangunan kandang membujur dari timur ke barat
4.
Luas kandang cukup memadai untik peternakan
Bahan baku
atap bisa berupa genteng,asbes,plastik.
Peralatan
a.
Alas Lantai
Bisa dibuat dari campuran
jerami,serbuk gergaji,atau rumput kering,agar empuk,tidak mudah
padat,kering,hangat,bersih dan dapat mencegah telur tidak pecah.
b.
Tempat
Pakan,Minum.
Tempat air minum dibuat pas dengan
kepala itik dan di letakkan berlawanan dengan tempat pakan.
c.
Ember Dan
Keranjang
Ember dan keranjang digunakan untuk
tempat atau wadah telur saat panen.
d.
Selang
Selang disini digunakan untuk
memberi air untuk itik,untuk minum,untuk mandi.
C.
Kebutuhan Bahan Baku
Untuk kebutuhan bahan baku
dalam pembuatan kandang disini saya membutuhkan bambu,kayu,genteng,atau asbes .
D.
Kapasitas Produksi
Dalam
satu kandang yang berukuran 8x5 meter kira kira bisa menampung 125 ekor itik
beserta tempat makan dan minum.
E.
Proses Produksi
Dari
penampungan bibit itik saya membeli bibit siap telur,kemudian itik di pelihara
sampai menghasilkan produk(telur)setelah menghasilkan produk telur,telur
dikumpulkan kemudian telur siap dijual atau dipasarkan.telur saya pasarkan
melalui agen,pasar tradisional,pasar modern,dan ke konsumen.
IV.
ASPEK
KEUANGAN (ANALISIS USAHA)
A.
BIAYA TETAP
Untuk biaya tetap saya disini membeli itik 125 ekor dengan persentase
yaitu untuk itik betina saya membeli 100 ekor dan jantan 25 ekor dengan harga
yaitu
NO
|
URAIAN
|
UNIT
|
HARGA
SATUAN (Rp)
|
HARGA
TOTAL (Rp)
|
1
|
Itik
Jantan
|
25 ekor
|
45.000
|
1.000.000
|
2
|
Itik Betina
|
100 ekor
|
35.000
|
3.500.000
|
3
|
Bambu
|
40 batang
|
1000
|
40.000
|
4
|
Asbes
|
1 kodi
|
300.000
|
|
5
|
Tempat
Pakan
|
400.000
|
||
6
|
Selang
|
5 buah
|
2000
|
100.000
|
7
|
Lampu
|
4 biji
|
7000
|
28.000
|
8
|
Tenaga
Kerja
|
2 orang
|
400.000
|
800.000
|
9
|
Peralatan
Lainnya
|
200.000
|
||
TOTAL
BIAYA TETAP
|
6.443.000
|
B.
BIAYA VARIABEL
Untuk
biaya variabel selama satu bulan yaitu saya membeli pakan dengan harga Rp 1500 per kg dan dalam satu itik per harinya menghabiskan kurang lebih 0,5
kg untuk kebutuhan makannya.
NO
|
URAIAN
|
HARGA (Rp)
|
1
|
Pakan 0,5 kg
x 125x 1500 x 30
|
2.812.500
|
2
|
Obat- obatan
|
50.000
|
TOTAL
BIAYA VARIABEL
|
2.862.500
|
Total biaya =
Biaya tetap + Biaya Variabel
Rp. 6.443.000 + Rp. 2.862.500
=
Rp. 9.305.500;
C.
KEUNTUNGAN 1 BULAN
Untuk keuntungan satu bulannya yaitu
hasil produksi itik selama satu bulan menghasilkan kurang lebih 2500 butir telur yang mana per butir
telurnya saya jual dengan harga Rp 2000
Jadi keuntungan saya selama 1 bulan
yaitu:
NO
|
URAIAN
|
HARGA
SATUAN
(RP)
|
KETERANGAN
|
1
|
Total Hasil produk
|
-
|
2500 butir/
bulan
|
2
|
Harga produk
|
2000
|
|
TOTAL
PENERIMAAN
|
2500 x
2.000 =Rp 5.000.000
|
Jadi keuntungan bersih selama satu
bulannya yaitu :
Keuntungan = penghasilan - biaya operasional 1
bulan
=Rp 5000.000 – Rp 2.862.500 =Rp
2.137.500
D.
Jaminan
Kredit.
Jaminan kredit usaha untuk pinjaman tersebut, kami bersedia
menjaminkan surat-surat rumah tempat lokasi usaha.
Demikianlah
surat permohonan kredit kami ini.
Besar harapan
kami untuk mendapatkan pinjaman kredit dari Bank yang Bapak pimpin.
Terimakasih
atas kerja samanya.
Hormat Kami,
(ROSMAIDAH W.S)
Pemilik Usaha
PENUTUP
Demikian proposal ini
di buat sebagai acuan pelaksanaan
kegiatan usaha berbasis rumah tangga untuk memberikan kesadaran akan
berwiraswasta itu baik dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga dan Negara. Hal – hal yang belum di muat akan di
bicarakan dalam kesempatan berikutnya.
Memulai adalah satu wujud kemajuan dalam pengembangan program pemerintah akan berwiraswasta,
yang berujung pada peningkatan pertumbuhan ekonomi serta meminimalisir angka pengangguran.
Terimakasih izin copy
BalasHapus