Minggu, 08 Maret 2015

Makalah Karya Wisata Bali



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata di negara kita terutama peninggalan– peninggalan bersejarah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi salah satu alasan diadakannya studi wisata. Studi wisata merupakan suatu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan SMPN 2 Campurdarat. Sekolah kami tahun ini memilih pulau Dewata Bali untuk melaksanakan  karya wisata. Latar belakang dipilihnya Bali sebagai tempat studi wisata yaitu:
  1. Bali merupakan tempat wisata  yang paling terkenal keindahannya di Indonesia serta dimata dunia sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.
  2. Adat istiadat, kebiasaan, kebudayaan serta agama masyarakat Bali yang unik dan berbeda dengan masyarakat Indonesia umumnya. Di samping itu, wisata bahari yang sangat indah memberi daya tarik yang begitu tinggi.
  3. Menghilangkan kepenatan selama menempuh pendidikan di SMPN 2 Campurdarat  sehingga rekreasi ke Bali akan mengembalikan semangat belajar bagi kami.
  4. Mengajak siswa mengenal budaya lain yang ada di Indonesia dengan mengunjungi Pulau Bali.
Kaitannya dengan studi wisata kami ditugasi untuk makalah mengenai objek-objek wisata yang ada di pulau Dewata Bali.
1.2 Rumusan Masalah
1.      Apakah pulau Bali itu, dan apa saja adat istiadatnya?
2.      Apa saja obyek wisata yang ada di Bali?
3.      Apa saja pusat oleh-oleh yang ada di Bali
1.3 Tujuan Penulisan Laporan
1.      Mendeskripsikan tentang Bali.
2.      Mendeskripsikan obyek wisata yang ada di pulau Bali.
3.      Mendeskkripsikan pusat oleh-oleh yang ada di Bali.
1.4 Manfaat dibuatnya laporan study tour
1.      Memberikan pelajaran langsung pada siswa
2.      Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman
3.      Mendapat masukan tentang laboratorium pengetahuan nyata pada siswa.
4.      Memberi wawasan yang luas bagi siswa tentang berbagai macam obyek wisata yang menarik yang ada di indonesia.
5.      Memberi wawasan kepada siswa tentang kebudayaan yang begitu kental, di Bali
6.       Menambah pengetahuan kepada siswa tentang penulisan karya tulis dengan metode melihat langsung obyek.
7.       Mengajarkan pada siswa untuk melestarikan pariwisata yang ada di Indonesia.












BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Deskripsi Pulau Bali dan adat istiadat
Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.
Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.
Geografi
Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.Luas wilayah provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik indonesia.Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur juga salah satu gunung yang ada di Bali. Sekitar 30.000 tahun yang lalu, Gunung Batur meletus dan menghasilkan bencana yang dahsyat di bumi. Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai.
Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Adanya pegunungan tersebut menyebabkan Daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Kemiringan lahan Pulau Bali terdiri dari lahan datar (0-2%) seluas 122.652 ha, lahan bergelombang (2-15%) seluas 118.339 ha, lahan curam (15-40%) seluas 190.486 ha dan lahan sangat curam (>40%) seluas 132.189 ha. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan, Buyan, Tamblingan dan Danau Batur.
Batas wilayah
 Adapun Batas dari  wilayah pulau bali adalah sebagai berikut:
Utara
Laut Bali
Selatan
Samudra india
Barat
Provinsi Jawa Timur
Timur
Prov Nusa Tenggara Barat
2.2  Obyek wisata yang ada di Bali
2.2.1 Obyek Wisata Pure Tanah Lot
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSsj3gmfV0HeSG0yhZIYVySJsjZe57oPrYo6Jah3ZGfp3qsg1tGXg
Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan.Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.
       
 Lokasi
Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini. Harga tiket masuk ke dalam wisata ini adalah 8.000/orang.
        Legenda
Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16.Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk  meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra yaitu holy snake. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben ‘akhirnya’ menjadi pengikut Danghyang Nirartha.
        Fasilitas
Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.
        Hari Raya
  Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini.



2.2.2 Tanjung Benoa Water Sport
http://www.balihemat.com/images/watersport.jpg
Tanjung Benoa berada di ujung tenggara pulau Bali dan bertetanggaan dengan kawasan Nusa Dua.Dapat ditempuh dalam 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur dan 20 menit dari Airport Ngurah Rai. Harga tiket masuknya yaitu:5.000,00/mobil. Tanjung benoa menjadi tempat yang sangat cocok untuk kegiatan watersport atau olahraga air. Pantai di kawasan ini sangat tenang berbeda dengan di Kuta, Sanur atau Uluwatu sehingga menjandikan kawasan ini sebagai satu-satunya tempat untuk permainan-permainan menyenangkan ini. Olahraga air yang bisa dinikmati di sini diantaranya adalah jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling , Glassbottom plus kunjungan ke Turtle Island (pulau penyu) dan Flying Fish.dll. Kegiatan biasanya dimulai di pagi hari sekitar jam 8 sampai dengan jam 12-an, karena setelah itu air akan surut dan Anda tidak bisa menikmati permainan-permainan lagi karena boatnya tidak bisa digunakan. Dengan instruktur-instruktur yang handal, akan memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan Anda saat menikmati permainan di sini.
Olahraga air terdiri dari :
Jetski  
Permainan Jetski menggunakan kendaraan di pantai seperti sepeda motor.Jetski di sini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, mengingat di pantai Tanjung Benoa banyak terdapat perahu-perahu dan aktivitas watersport lainnya, sehingga tabrakan bisa dihindari. lama permainan yaitu: 15 menit. Harga untuk  menikmati permainan ini yaitu: 200.000,00/orang.
Parasailing
Parasailing yaitu permainan dimana anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa. satu putaran sekitar 4 menit di udara. Ketinggian tali yg menghubungkan antara parasut dengan speed boat kurang lebih 80 meter. Jadi lumayan tinggi terbangnya.Yang pasti permainan ini sangat menantang dan penuh fun.
Lama Permainan : 1 round. Harga untuk menikmati permainan ini yaitu: 145.000,00/orang .
Banana Boat
Banana Boat menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah maximal 4 orang plus 1 orang instruktur sebagai pendamping. Anda bisa minta diceburin ke air selama boat berjalan, atau kalau tidak mau basah..minta yg normal-normal saja. Kurang seru sih kalau main banana boat tanpa nyebur. Lama Permainan : 15 menit. Harga untuk menikmati permainan ini yaitu: 110.000/orang.
Scuba Diving 
Scuba Diving, yaitu wisata menyelam. Daripada snorkeling, lebih bagus diving sekalian. Anda akan diberikan perlengkapan diving komplit, mulai dari pakaian, tangki oksigen dll. Diving tidak harus bisa renang, lebih baik kalo anda tidak bisa renang, karena lebih gampang. Satu wisatawan akan ditemani oleh satu instruktur di bawah air. Kedalaman bagi pemula berkisar antar 3 meter – 7 meter di dalam air selama 40 menit.  Sambil membawa roti utk makanan ikan, anda akan melihat indahnya pemandangan bawah laut yg dipenuhi oleh terumbu karang yg cantik dan ikan hias warni-warni. Lama Permainan : 1 jam. Harga untuk menikmati permainan ini yaitu : 450.000,00/orang
Snorkeling
Snorkeling, yaitu berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Syarat utamanya anda harus bisa berenang.Dengan menggunakan masker dan fin, anda akan melihat ikan-ikan hias serta terumbu karang yg ada sambil berenang. Lama Permainan :  1 jam. Harga untuk menikmati permainan ini yaitu : 400.000,00/orang.
Pulau penyu
Pulau Penyu, adalah wisata yg paling cocok jika anda mengajak anak anda yg masih kecil. Dengan menaiki perahu yg di bawahnya ada kaca bening, anda akan diajak berlayar melihat akuarium bawah laut yg terdapat di pantai Tanjung Benoa. Sambil melemparkan roti dari perahu, ikan-ikan akan naik dan mengejar makanan tersebut. Jumlahnya ratusan ekor dan berwarna warni.Demikian juga dgn pemandangan karang laut yg elok. Setelah puas melihat pemandangan tersebut, perahu akan meluncur menuju Pulau Penyu untuk melihat lokasi penangkaran penyu, binatang yg cukup langka keberadaannya.
2.2.3        Obyek Wisata Pantai Kuta
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQDm8HStSyWhFs7SaXYhoBCd4CPbMeNiOqSfIFlT99mt-d3yR1CjQ
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar,  ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.
Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta . Sejarah pantai kuta
Bermula dari 300 tahun yang lalu telah dibangun sebuah konco di pinggir “Tukad Mati” dimana sungai tersebut, dahulu dapat dilayari. Perahu masuk ke pedalaman Kuta, sehingga Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Mads Longe seorang pedagang Denmark abad ke 19, mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut. Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara Raja-Raja Bali dan Belanda. Mads Longe meninggal secara misterius. Kuburan Mads Longe terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut.
Dahulu Kuta adalah sebuah desa nelayan yang sunyi, sekarang telah berubah menjadi kota kecil lengkap dengan kantor pos, kantor polisi, pasar, apotik, photo centre dan lain-lain. Sepanjang pantai pasir putih yang berbentuk bulan sabit tersebut terdapat banyak hotel mewah.

2.2.4 Obyek Wisata Pantai Sanur

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRq_adL7QPDhi8l99uv37XdMROelu01RwAoPLZdI7vYgOBa8V3Ovw
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancong pariwisata yang terkenal di Pulau Bali. Tempat ini jaraknya 4 km dan letaknya persis di sebelah timur kota Denpasar, Ibukota Bali. Sanur berada di Kabupaten Badung. Tempat ini terkenal dari sejak dahulu kala terutama ketika terjadi perang Puputan Badung pada tanggal 20 September 1906 yang mana Belanda mendaratkan tentaranya di pantai ini. Dalam sejarah Bali Kuno, Pantai Sanur juga terkenal dan masih ada tugu batu bertulis yang merupakan prasasti Raja Kesari Warmadewa yang berkeraton di Singhadwala tahin 917, dimana sekarang terdapat Blanjong bagian Selatan Pantai Sanur. Di kalangan pariwisata Pantai Sanur juga pertama kali diperkenalkan oleh pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayuer bersama istrinya Ni Polok yang menetap di Sanur sejak 1937.
Pantai Sanur adalah lokasi utama untuk berselancar (surfing), ombak pantai Sanur sudah termasyhur diantara para wisata mancanegara. Tak jauh dari lepas pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam (Snorkeling) karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian. Pantai ini juga dikenal sebagai sunrise beach (pantai matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta.


   2.2.5 Barong Dance (Tarian Barong)
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZLVRJ14yRxAbcPu-7CG0DRMDlU9AtWmBaFECBM0gySQPjPs0rLg
Tari Barong adalah tarian khas Bali yang berasal dari khazanah kebudayaan Pra-Hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Wujud kebajikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya. Ada 6 babak yaitu:
Gending pembukaan
Barong dan kera sedang berada didalam hutan yang lebat, kemudian datang tiga orang bertopeng yang menggambarkan sedang membuat keributan dan merusak ketenangan hutan.Mereka bertemu dengan kera dan akhirnya berkelahi, dimana kera dapat menolong hidung salah seorang dari mereka.
Babak Pertama
Dua orang penari muncul dan mereka adalah pengikut dari Rangda sedang mencari pengikut Dewi Kunthi yang sedang dalam perjalanan untuk menemui patihnya.
Babak Kedua
Pengikut Dewi Kunthi tiba. Salah seorang pengikut Rangda berubah menjadi setan ( semacam Rangda ).dan memasukan roh jahat kepada pengikut Dewi Kunthi yang  menyebabkan Mersa dapat menjadi marah. Keduanya menemui patih dan bersama-sama menghadap Dewi Kunthi.
Babak Ketiga
Munculah Dewi Kunthi beserta anaknya Sahadewa dan Dewi Kunthi telah berjanji kepada Rangda untuk menyerahkan Sahadewa sebagai korban. Sebenarnya Dewi Kunthi tidak sampai hati mengorbankan anaknya Sahadewa kepada Rangda. Tetapi setan (semacam Rangda) memasukan roh jahat kepadannya yang menyebabkan Dewi Kunthi bisa menjadi marah dan berniatkan anaknya menjadi korban serta memerintahkan patihnya untuk membuang Sahadewa kedalam hutan.
Patih ini pun tidak luput dari kemasukan roh jahat oleh setan dan mengikatnya dimuka istana Rangda.
Babak Keempat
Turunlah Dewa Siwa dengan memberikan keabadian kepada Sahadewa dan keabadian ini tidak diketahui oleh Rangda, untuk mengoyak-ngoyak dan membunuh Sahadewa tetapi tidak dapat dibunuhnya, karena kekebalan yang diberikan Dewa Siwa. Rangda menyerah kepada Sahadewa dan memohon untuk diselamatkan agar dengan demikian dia bisa masuk surga. Permintaan ini dipenuhi oleh Sahadewa dan sang Rangda mendapat surga.
Babak Kelima
Kalika adalah salah seorang pengikut Rangda menghadap Sahadewa. Penolakan ini menimbulkan perkelahian dan Kalika berubah menjadi babi hutan dan didalam pertarungan antara Sahadewa dengan babi hutan, Sahadewa mendapatkan kemenangan, kemudian ketika babi hutan ini berubah menjadi burung akan tetapi tetap di kalahkan. Dan akhirnya burung (kalika) merubah menjadi Rangda. Oleh karena saktinya Rangda ini, maka Sahadewa berubah rupa menjadi barong melawan Rangda. Tidak ada yang menang, dengan demikian pertarungan ini terus abadi “Kebajikan melawan Kebathilan” Kemudian munculah pengikut-pengikut barong masing-masing dengan kerisnya yang hendak menolong barong dalam pertarungan melawan Rangda.Mereka ini semuanya tidak berhasil mengalahkan kesaktian sang Rangda. TAMAT
Ada beberapa jenis Tari Barong yang biasa ditampilkan di Pulau Bali, di antaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan.Namun, di antara jenis-jenis Barong tersebut yang paling sering menjadi suguhan wisata adalah Barong Ket, atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap.
Kostum Barong Ket umumnya menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca cermin, dan juga dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Barong ini dimainkan oleh dua penari (juru saluk/juru bapang): satu penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan Barong,  sementara penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan ekor Barong.


2.2.6        Bedugul
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6S_46lfoRwC-BCMV0QoMVVyMCnZe7Bmtf4oTzfVh9wrRPI-Y7
Bedugul adalah sebuah obyek wisata di Bali yang terletak di daerah pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan nyaman, bisa menikmati keindahan danau Beratan dan Pura Ulun Danu, terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Jaraknya kurang lebih 70 km dari wilayah wisata Kuta/ Bandara Ngurah Rai. Bangunan yang terdapat di areal wisata Bedugul ini merupakan bangunan tempo dulu dan terbilang kuno, tapi semua keadan fisiknya masih bersih dan tertata dengan rapi.
Terletak di dataran tinggi, menyebabkan tempat ini sangat sejuk dan kadang-kadang di selimuti kabut, keindahan alam pegunungan dan Danau Beratan yang bersih, di tengahnya ada sebuah pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan, akan sangat sayang sekali kalau di lewatkan.
Wisatawan bisa menikmati waktu santai dengan jalan kaki, menyewa perahu, banyak wisatawan nusantara berkunjung kesini pada waktu musim liburan. Ada Kebun Raya di Bedugul yang merupakan satu satunya di Bali, berbagai jenis buahan-buahan dan sayur mayur tumbuh dengan subur di daerah ini. Penduduk setempat menjual hasil kebunnya di pasar setempat dan juga di jual ke daerah lain di Bali. Disini juga disiapkan kapal boat atau sampan yang disewakan bagi pengunjug untuk lebih menikmati keindahan Danau Beratan. Di areal wisata terdapat kios-kios kecil untuk keperluan oleh-oleh bagi keluarga.
2.2.7 Pabrik Kaos Kata-Kata Joger
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSLsyENJCUnV39cklGTdYEII6YVMHtGMKeHMc_fv0MOFK2y9bwH9A
Salah satu souvenir yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Bali adalah berkunjung ke Pabrik Kata-Kata Joger yang berada di daerah Kuta, Bali. Sebuah tempat penjualan souvenir seperti t-shirt dan aneka souvenir lainnya.
Demi mengenang kebaikan Mr. Gerhard Seeger yang memberikan dana sebesar US $ 20.000 sebagai hadiah pernikahan JOseph Theodorus Wulianadi. Nama JOGER (huruf E-nya dibaca seperti “E” dalam menyebut “ENAK” atau “EKONOMI“) itu adalah penggabungan antara 2 huruf nama depan JOseph Theodorus Wulianadi dengan 3 huruf nama depan Mr. GERhard Seeger, di mana di samping memang benar-benar berbunyi baru (Source:jogerjelek.com).
Ketika memasuki pintu masuk outlet Joger, setiap pengunjung disapa dengan ramah dan ditempel sebuah stiker di bajunya sebagai tanda masuk outlet. Namun sebelum masuk anda harus bersabar menunggu giliran masuk karena didalam outlet dipenuhi pembeli.
Ada beberapa ruangan di dalam outlet, ada sebuah ruangan yang khusus memanjang berbagai macam t-shirt, ada sebuah ruangan yang memajang berbagai souvenir seperti mug, sandal, hiasan dinding, serta sebuah oleh-oleh unik berupa jam terbalik. Jam terbalik inilah menjadi salah satu oleh-oleh khas Joger karena satu-satunya tempat yang menjual jam terbalik di Indonesia.
Layaknya kaos Jangkrik85, Joger memberikan ciri khas tersendiri yaitu dengan desain kata-kata aneh dan unik. Selain itu sudah banyak jenis merchant yang ditawarkan. Namun perlu diingat bahwa Joger tidak dibuka cabang di tempat lain dan hanya di jual di Pabrik Kata-Kata Joger yang terletak di Kuta, Bali. Nah, selamat membeli oleh-oleh. Anda juga harus siap-siap kecewa karena stok terbatas dan beberapa ukuran terlalu besar buat tubuh anda
2.2.8 Pelabuhan Ketapang Gilimanuk
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTDhi6-ynj72I5PbsnZPrw8alUjce2aS7Zlx2BNVrCZqnmVjVxUzw
Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk sebagai pelabuhan yang menghubungkan dua buah pulau yang cukup padat yaitu pulau Bali dan pulau Jawa merupakan pintu masuk dan keluar yang penting bagi lalu lintas pariwisata maupun ekonomi bagi kedua buah pulau. Bagi pulau Bali sendiri, pelabuhan Ketapang – Gilimanuk merupakan pintu utama bagi lalu lintas barang dan jasa yang masuk dan keluar pulau Bali, baik itu yang berupa komoditas pangan seperti buah dan sayur, komoditas kerajinan, bahkan juga sebagai pintu utama bagi wisatawan yang ingin ke Pulau Dewata selain melalui Bandara Ngurah Rai.
Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk merupakan BUMN di bawah departemen Perhubungan Republik Indonesia, kegiatan utama dari pelabuhan ini adalah jasa penyeberangan antara pulau Bali dan Jawa yang merupakan bagian dari kegiatan Angkutan Sungai Dan Penyeberangan (ASDP). Sehingga tidak terdapat aktivitas peti kemas barang atau pengepakan barang (cargo) pada pelabuhan ini. Karena pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang saling berpasangan, maka apabila ada salah satu pelabuhan yang tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya, akan memberikan dampak bagi aktivitas pelabuhan yang lain sehingga mengakibatkan terganggunya aktivitas penyeberangan di wilayah tersebut. Oleh karena itu, perawatan dan pemeliharaan segala bagian dari pelabuhan ini sangatlah perlu dilakukan guna menjaga kelancaran aktivitas penyeberangan antara ke dua pulau ini. Dengan banyaknya kapal yang masuk karena berkembangnya lalu lintas angkutan laut, teknologi, keamanan, meningkatnya penumpang antar pulau, maka kualitas peran dan fungsi pelabuhan perlu ditingkatkan salah satunya dengan cara pengoptimalan pelayanan jasa Terminal Penumpang maupun fasilitas-fasilitas penunjang lain yang terdapat di pelabuhan.
2.2.9 Pandawa
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQUExa1zCp0pMXUFucaviFGcpgMaIoH_DnjAUCv78p714weNDIGeA
Pantai Pandawa adalah pantai yang terletak di dusun Kutuh, Bali Selatan. Asal muasal nama Pandawa sendiri ada 2 versi. Namun menurut penulis, dua-duanya masuk akal. Versi pertama, nama Pandawa muncul karena adanya patung Pandawa Lima di lokasi pantai ini. Versi kedua, adalah adanya upacara “MELASTI” oleh penduduk setempat. Bagi penulis, dua versi diatas adalah cara marketing pantai Pandawa untuk mengenalkan pantai Pandawa ke masyarakat Indonesia dan dunia
Pantai Pandawa memang sebelum dikenalkan ke publik oleh pemda setempat, merupakan pantai yang tersembunyi. Tersembunyi disini berarti benar-benar susah dijangkau. Jalannya tidak enak, rusak da nada dinding kapur yang susah untuk dilalui. Namun semua itu sekarang tidak akan anda temui karena sudah diperbaiki oleh pemda. Jalan sudah halus, akses lancar, bahkan dinding kapur yang sempat jadi tembok pengaman pantai dari masyarakat luar, sekarang menjadi pemandangan unik tersendiri, yang sering dijadikan latar foto para wisatawan. Pantai Pandawa akan membuat anda betah berlama-lama disana karena pemandangan yang unik. Pasirnya putih bersih, ombaknya tenang, dan masyarakat sekitar yang menanam rumput laut bisa dijadikan obyek wisata tersendiri. Jika anda ingin menikmati pantai tanpa berenang, anda bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil minum kelapa muda atau makan jagung bakar yang banyak tersedia di sekitar pantai.
Ada jalur yang bisa anda tempuh jika menuju Pantai Pandawa yaitu : Pertama, jika anda dari Kuta / Denpasar ambil arah jalan menuju Uluwatu, kira-kira 1 Km dari GWK anda akan menemui perempatan Minimarket Nirmala. Dari situ, ambil arah kiri arah Nusa Dua / Bali Cliff dan ikuti jalurnya. Kira-kira 20 menit, ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Pandawa di kiri jalan, belok kiri ikuti jalan tersebut dan lihat petunjuk jalan yang ada, karena anda tinggal ikutin saja dan ujungnya adalah pantai Pandawa.
2.2.10 Hotel Warta 2
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS_Cl4Bt8WXByYz8DmKKZHGzFFkSOEnHVNYQkCoWhjlu7gTnVxotA
Terletak di daerah strategis Pusat Kota Denpasar, Hotel Warta Dua  adalah tempat yang ideal untuk tamu bisnis dan liburan. Hanya kurang dari 1 kilometer dari pusat bisnis, perkantoran, dan pertokoan. 1 Kilometer dari Terminal Ubung, 10 Kilometer dari Bandara Ngurah Rain & Pusat wisata Kuta, 5 Km. dari Pantai Sanur.
Hotel Warta Dua ini menawarkan penginapan hotel yang nyaman dengan menawarkan total 50 unit penginapan kamar hotel yang Bersih. Kota Denpasar dikenal dengan sebutan kota Bisnis untuk bali dan juga terdapat Beberapa obyek wisata seperti Monumen Bajra Sandi, Pantai Sanur, Art Center, dll.
Address :
Jl. Cokroaminoto No. 56 Denpasar Bali Phone +62 361 422517
E-mail : info@hotelwartadua.com
Facilities
Mengacu kepada konsep keasrian lingkungan, Hotel Warta Dua memiliki taman yang artistik, pelayanan ramah, pemandangan lingkungan sekitar yang alami, suasana tenang, parkir kendaraan yang luas didukung oleh keamanan.  Saat ini kami akan terus melakukan pembenahan ke arah yang lebih baik di masa mendatang. Kamar yang dimiliki saat ini  berjumlah 50  kamar  yang semuanya memiliki fasilitas kamar mandi dalam dengan tarif yang sangat terjangkau.  Kami sediakan  17(Tujuh belas) kamar dengan fasilitas AC, 9 (Sembilan) buah kamar diantaranya dilengkapi fasilitas air panas serta seluruh kamar mulai dari  tarif ekonomi plus dilengkapi TV 21’Slimfit.
2.2.11 BCC (Bali Clasic Center)
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRDHb8Te_dxkQddAFSZI2bAzmHzasN6NDCSJSC9ykvl7-09G-lkSg
BCC adalah “Bali Classic Centre-BCC” yang menyuguhkan atraksi warisan seni budaya, termasuk tradisi kehidupan masyarakat yang kini secara bertahap sudah ditinggalkan. “Taman Rekreasi yang mirip `Bali Mini` di bangun di atas lahan seluas lima hektar di Banjar Nyuhkuning, Ubud, tepatnya sebelah selatan Monkey Forest tempat berkeliaran ratusan kera,” kata perintis sekaligus pemilik BCC, Pande Ketut Krisna, SE di Batubulan, Gianyar.
Ia mengatakan, pembangunan BCC yang dirintis sejak Th 2001, sudah mulai diujicoba sejak Maret 2005, namun baru secara resmi akan dibuka untuk umum 23 Juli 2005. Di Taman rekreasi BCC akan disuguhkan proses pembuatan merangkai janur (banten), kesenian tari, tabuh dan pedalangan serta proses dalam pengolahan hasil-hasil pertanian secara tradisional. Krisna, pria kelahiran Gianyar 60 tahun silam yang merintis usahanya dari nol sebagai pedagang asongan di obyek-obyek wisata, telah menghimpun warga masyarakat sekitarnya untuk melakukan demontrasi aktifitas yang dilakoni masyarakat Bali yang kini sudah mulai ditinggalkan.
Aktifitas keseharian itu antara lain menumbuk padi secara tradisional dengan menggunakan alat “lesung” yang ditumbuk “Luwu” dan proses itu kini hampir tidak ada di Bal Demikian pula proses pembuatan minyak kelapa secara tradisional sudah sangat langka, karena untuk praktisnya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menggunakan minyak kemasan produksi pabrik. “Semua kehidupan tradisional masyarakat Bali akan diperagakan setiap hari di BCC, termasuk pementasan aneka jenis kesenian”.
2.2.12 Jalan Tol Mandara
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR8Xlv_dYTFMe95FQw5ea8qB0DwPLQ_8Fd2ZEK67cAh1nmiNeiT4A

Jalan Tol Bali Mandara adalah jalan tol pertama di Provinsi Bali, Indonesia. Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa. Jalan tol ini memiliki panjang total 12,7 km dan sebagian besar berada di atas laut. Jalan tol ini diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013 di Bali. Jalan Tol Bali Mandara juga dinobatkan sebagai jalan tol terindah dunia. Pada KTT APEC di Bali, jalan tol ini juga dilalui oleh beberapa pemimpin negara.
Sebelum diresmikan, maka Jalan Tol Bali yang merupakan pekerjaan konstruksi tercepat, terkuat dan terindah yang pernah dibuat oleh putra terbaik bangsa ini harus diberi tetenger. Muncul banyak nama untuk jalan tol Bali. Ada nama I Wayan Lotring (mahaguru tari dan tabuh Bali), I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, I Gusti Nyoman Lempad (pelukis tersohor Bali abad 20) bahkan Soekarno-Hatta. Namun akhirnya, satu nama yakni Bali Mandara (Maju, Aman,  Damai dan Sejahtera) jadi pilihan. Maka, Senin, 23 September 2013, Jalan Tol Nusa Dua, Ngurah Rai  dan Benoa pun diresmikan.
Tarif jalan tol pertama di Pulau Bali ini dioperasikan menggunakan sistem terbuka dengan tarif untuk Golongan I (sedan, minibus, dan sejenisnya serta bus) sebesar Rp 10 ribu. Dan tarif jalan tol untuk motor sebesar Rp 4 ribu.
Sedangkan tarif tol Golongan II (truk dengan dua gandar Rp 15 ribu, Golongan III (truk dengan tiga gandar) Rp 20 ribu, Golongan IV (truk dengan empat gandar) Rp 25 ribu dan Golongan V (truk dengan lima gandar atau lebih) Rp 30 ribu.

2.2.13 Cening Bagus
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTmUOF3Wmfl_rqus2ggpu6QBcRavFGgATrXMhm_jKGVM7EqVy3Z
Cening Bagus berdiri pada tanggal 27 April 2009, berdiri di tanah milik desa yang berada di Jln. Raya Batu bulan 100X, Sukowati, Gianyar, Bali. Cening Bagus berdiri atas gagasan untuk mambantu pengrajin kecil di Gianyar bali. Perusahaan ini berdiri dari nol/usaha kecil, setiap dua bulan sekali Cening Bagus melakukan evaluasi untuk pengembangan selanjutnya. Dalam pendirian Cening Bagus terdapat visi dan misi cening bagus, visi dari Cening Bagus adalah “Membantu pengrajin kecil (home industri) menuju kesejahteraan”, sedangkan misi dari cening bagus adalah “Pariwisata Bali makin lama makin berkembang seiring dengan himbauan pemerintah Bali khususnya bidang pariwisata untuk ikutan dildalam memajukan pariwisata di Bali”, yang membuat Cening Bagus dapat dkembangkan seperti saat ini.
Cening Bagus sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan penjualan produk oleh-oleh khas Bali. Cening Bagus juga mempunyai peranan penting dalam kebangkitan perkembangan wisata di Bali, khususnya paska ledakan bom (dikenal dengan Bom Bali I dan II) dimana Cening Bagus menjual pelayanan jasa/memandu kepada wisatawan dalam menjalajahi pariwisata di Bali. Selain itu Cening Bagus juga berperan penting dalam pengembangan industri, khususnya industri-industri kerajinan perumahan, dimana Cening Bagus merekomendasikan para wisatawan yang menggunakan jasanya untuk berkunjung kegalerinya yang berisi berbagai produk khas Bali dan luar Bali. Cening Bagus juga bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya memajukan pariwisata di bali. Di Cening Bagus pula, kami rombongan dari Smansa Mewah melakukan makan siang dan sholat dzuhur. Setelah selesai, kami pun segera kembali ke bus masing-masing kemudian melanjutkan perjalanan kembali.
BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Bali adalah sebuah sebuah tempat wisata yang sangat menarik. Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Provinsi pulau bali adalah denpasar.Wisata yang sangat menarik di Bali adalah kebudayaan dan wisata baharinya.
Obyek wisata yang ada di pulau Bali sangatlah beraneka macam, ada yang berupa wisata olah raga, ada yang berupa fasilitas yang sudah modern,wisata kebudayaan bali yang begitu kental dan ada juga yang berupa wisata keindahan alam yang begitu terjaga keasliannya.
Bali bukan hanya terkenal dengan begitu banyak sector pariwisatanya, akan tetapi terkenal dengan begitu banyak pusat oleh-oleh dan kerajinan tangan yang sangat menarik dan merupakan tempat surganya belanja bagi orang-orang yang berwisata kesana sebagai buah tangan saudara ditempat mereka berasal.
3.2 Kritik dan Saran
Untuk Pemerintah Provinsi Bali
Pemerintah Provinsi Bali seharusnya lebih meningkatkan kebersihan lingkungan disekitar Pelabuhan Gilimanuk dan menambahkan beberapa kamar mandi di setiap objek wisata, untuk memudahkan pengunjung terutama saat darurat.
Untuk Pihak Sekolah
Sebaiknya kegiatan studi wisata pada tahun berikutnya waktu yang di berikan lebih dari tahun ini. Agar dapat melakukan observasi secara optimal.
Untuk pihak tour
Pelayanan sudah cukup memuaskan, akan tetapi perlu ditingkatkan lagi tentang tour leader yang kurang aktif menghibur penumpang dalam perjalanan.
DAFTAR PUSTAKA


1 komentar: